MUKHOYYAROH, S.Ag., M.Pd.I.

Mukhoyyaroh, lahir di Kediri tanggal 12 Juli 1971. Pendidikan yang telah aku tempuh : 1. MI Roudlotul Tholabah Kranding Mojo Kediri 2. MTs Sunan Kalijogo Kran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Uniknya Matsama di Sandega (Hari ke-137) TantanganGurusiana

Uniknya Matsama di Sandega (Hari ke-137) TantanganGurusiana

Pada Senin, 13 Juli 2020 Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Ngawi (Sandega) mengawali tahun pelajaran 2020/2021 dengan kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (MATSAMA). Pada tahun ini kegiatan MATSAMA diadakan secara virtual tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini masih pandemi covid-19 yang belum berakhir di kapupaten Ngawi. Sudah menjadi ketentuan bahwa pada daerah zona oranye dan merah tidak diizinkan melaksanakan kegiatan MATSAMA dan pembelajaran tatap muka. Dan kabupaten Ngawi merupakan daerah yang masih pada zona oranye. Oleh karenanya pembukaan MATSAMA dilaksanakan secara virtual atau daring.

Kegiatan MATSAMA diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka secara langsung dan serentak oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur secara virtual. Upacara diikuti oleh Kepala Madrasah, Bapak Samiran, M.Pd.I, Kepala Tata Usaha, Bapak Marzani, S.Pd.I, semua guru, karyawan, dan peserta didik dari rumah masing-masing didampingi orang tua atau walinya. Walaupun tidak seorang pun peserta didik yang hadir di madrasah, namun upacara pembukaan MATSAMA berjalan dengan hikmad. Semua guru dan karyawan mengikuti upacara pembukaan MATSAMA ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, cek suhu tubuh sebelum masuk ruangan, dan menjaga jarak.

Setelah mengikuti upacara pembukaan MATSAMA, kemudian panitia menyampaikan materi MATSAMA yang meliputi sejarah dan profil Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Ngawi, kesetaraan, anti diskriminasi, Covid-19, protokol kesehatan, pembelajaran, dan program ketrampilan. Materi MATSAMA diberikan para pemateri kepada peserta didik berupa video dengan meng-share link-nya melalui grub kelas masing-masing.

Pada kegiatan MATSAMA ini disampaikan bahwa pembelajaran juga akan dilaksanakan secara daring. Oleh karenanya peran serta orang tua atau wali sangat diperlukan. Pendampingan orang tua atau wali akan sangat menentukan kelancaran dan keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini. Karena semua materi pelajaran akan disampaikan secara daring baik itu melalui e-learning, google classroom, ataupun whatsapp grub (WAG).

Kenapa pendampingan orang tua diperlukan? Dihawatirkan, ketika peserta didik menerima materi pelajaran melalui android mereka, bukannya dikerjakan sesuai intruksi gurunya akan tetapi mereka malah bermain game atau menonton youtube yang tidak diinginkan. Di sini harus terjadi sinergi dan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua peserta didik. Dengan sinergi dan kerjasama yang baik, maka tujuan pembelajaran akan dicapai dengan baik.

Seorang guru tidak bisa maksimal memantau peserta didik ketika megikuti pelajaran. Dan hanya orang tualah yang bisa membimbing dan memantau putra putrinya ketika mengikuti pelajaran secara daring ini. Jadi keberhasilan pembelajaran secara daring ini ditentukan oleh keseriusan orang tua dalam membimbing dan mendampingi putra putrinya di rumah. Peran mereka sangat menentukan berhasil dan tidaknya tujuan pembelajaran. Semoga wabah covid-19 segera lenyap dari muka bumi, sehingga pembelajaran bisa berjalan normal seperti biasanya lagi, aamiin.

Ngawi, 14-07-20, 03.10

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Semoga akan terjalin kerjasma yang baik antara orang tua, dan guru agar pendidikan tetap berada dalam peningkatan kualitasnya. Barakallah bun

14 Jul
Balas

Aamiin.... Mksh do'a dan supportnya, Bunda Yessy... Barakallah...

14 Jul



search

New Post